Peringatan Dies UGM Ke 65

Senam Sehat Ramaikan Pembukaan Dies ke-65

Kegiatan senam bersama pimpinan universitas dan fakultas, tenaga pendidik, serta kependidikan meramaikan pembukaan Dies ke-56 Universitas Gadjah Mada. Acara pembukaan rangkaian Dies UGM bertema “UGM Mengabdi Indonesia Memimpin” ditandai dengan pelepasan balon berhadiah oleh Rektor, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc dan Ketua Panitia Dies UGM ke-65, Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo di halaman Balairung, Jumat (23/5).

“Kita memulai dengan acara senam pagi agar sehat. Karena sehat itu modal yang utama untuk Indonesia memimpin,” ujar Rektor saat memberi kata sambutan.

Terkait tema, kata rektor, UGM akan selalu mengabdi. Bila di tahun lalu (2013) mengabdi untuk kedaulatan bangsa, kini UGM melangkah satu tahap lagi mengabdi untuk memimpin.

“Begitu ceritanya, tidak ada hubungannya dengan pemilihan presiden, namun yang pasti sebentar lagi ada pemilihan presiden. Indonesia memimpin siap menjadi negara yang besar dan UGM mengabdi untuk kepentingan itu”, tambahnya.

Karena itu, Rektor minta dukungan seluruh civitas akademika untuk menjaga lingkungan UGM lebih sehat, lebih hijau dan lebih ramah lingkungan. Pembangunan ruang terbuka hijau (jogging track) sepanjang 4 kilometer telah dibangun dan siap untuk memfasilitasi masyarakat untuk berolah raga dan senam sehat setiap minggunya. Demikian juga fasilitas-fasilitas di halaman Grha Sabha Pramana.

“Kita sama-sama sehat karena dengan sehat menjadi modal yang berikutnya lagi. Tanpa sehat itu sama dengan nol, karena IPK 4 sekalipun kalau tidak sehat, sama saja 4 kali nol, hasilnya nol. Makanya harus tetap sehat”, tuturnya.

Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, selaku ketua panitia menjelaskan Dies UGM ke-65 menjadi agenda Lustrum XIII. Berbagai kegiatan akademik dan non-akademik akan digelar hingga puncak Dies pada tanggal 19 Desember 2014.

Diantaranya, pemberian HB IX Award, Insan Berprestasi, UGM Award dan UGM Expo. UGM Expo sebagai pengganti UGM agenda Research Week diharapkan mampu melibatkan dan menampilkan seluruh aktivitas di UGM, termasuk kegiatan mahasiswa yang menjadi satu kesatuan.

“Teristimewa, dies kali ini kita membuat katalog dies yang merangkum seluruh kegiatan di masing-masing unit di Universitas Gadjah Mada. katalog dies ini disampaikan baik saat UGM Expo maupun pameran-pameran dan kegiatan-kegiatan di sepanjang tahun,” jelasnya. (Humas UGM/ Agung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *